Kamis, 14 Agustus 2014

Cara Asik Bertukar Informasi Menggunakan Google Drive






Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga.



Memasang Google Drive untuk Mac/PC

Setelah memiliki Google Drive di web, Anda dapat menggunakannya untuk menemukan dan mengakses semua Dokumen, Spreadsheet, dan Slide Google Anda, serta file yang diunggah secara manual.


Namun untuk menggunakan kekuatan penuh dari Google Drive, Anda harus memasang Google Drive untuk Mac/PC, klien sinkronisasi desktop. Aplikasi ini menyinkronkan beberapa atau semua file ke Google Drive di web, membuatnya tersedia di mana saja, kapan saja, dan pada perangkat apa saja. Ia juga memberikan penyimpanan berbasis awan yang aman untuk file Anda.
Untuk menerapkan Google Drive untuk Mac/PC:
1.      Verifikasi bahwa persyaratan sistem Google Drive dapat dipenuhi di organisasi Anda.
2.      Pasang Google Drive untuk Mac/PC di komputer setiap pengguna. Anda memiliki dua opsi:
o    Izinkan setiap pengguna untuk memasang Google Drive untuk Mac/PC di komputer mereka sendiri.
o    Dorong file .msi Google Drive untuk PC ke pengguna Anda. File .msi ini dapat digunakan untuk pemasangan tanpa pengawasan. Untuk informasi tentang pemasangan file .msi, silakan lihat dokumentasi Windows Anda.
Anda juga dapat menggunakan Google Update untuk mengontrol apakah Google Drive untuk PC diperbarui secara otomatis atau tidak di komputer pengguna Anda.
3.      Pastikan Google Drive untuk Mac/PC diaktifkan dan tentukan apakah pengguna dapat melihat tautan unduhan:
1.                   Masuk ke konsol Google Admin.
    1. Jika Anda memiliki Google Apps Unlimited, klik Google Apps > Drive > Akses Data, kemudian pilih unit organisasi yang diinginkan.
Atau, klik Google Apps > Drive > Setelan umum. Setelan Anda akan diterapkan ke seluruh organisasi.
3.                  Pada bagian Drive, pilih opsi untuk mengizinkan Google Drive untuk Mac/PC di organisasi Anda. Pertimbangkan opsi untuk menyembunyikan tautan unduhan di antarmuka web Google Drive jika Anda menggunakan file .msi untuk menerapkan Google Drive untuk Mac/PC.
Catatan: Anda juga dapat memilih untuk tidak mengizinkan klien sinkronisasi Google Drive untuk Mac/PC di organisasi Anda. Namun, pengguna tetap dapat mengunduh file dari Google Drive di web.

Jika Anda tidak mengizinkan Google Drive untuk Mac/PC, semua komponen Google Drive lainnya tetap tersedia. Anda juga dapat menonaktifkan seluruh layanan Google Drive, yang akan menonaktifkan semua komponen tersebut.
4.      Kirim email kepada pengguna Anda agar mereka tahu tentang Google Drive dan cara mereka dapat memulai. Kami memberikan email template yang dapat Anda salin dan ubah agar sesuai dengan kebutuhan organisasi Anda.



SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar